Sabtu, 01 Oktober 2016

Aplikasi Sosial Media: Fitur-fitur yang Ada di Facebook

Facebook merupakan salah satu web jejaring sosial yan paling banyak diakses oleh seluruh penduduk yang ada di dunia. Dengan Facebook, orang-orang bisa melakukan interaksi dengan banyak orang sesama pengguna facebook dimanapun dan kapanpun. Dengan fitur-fitur yang lengkap, wajar jika facebook memiliki banyak pengguna. Sebelum dijelaskan apa saja fitur-fitur tersebut, ada baiknya mengetahui secara singkat sejarah dari facebook.

Facebook yang awalnya bernama The Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-temannya yang bernama Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes pada 4 Februari 2004. Situs ini awalnya hanya terbatas untuk kalangan mahasiswa Harvard University saja, kemudia pada bulan Maret mlai diperluas ke perguruan tinggi lainnya seperti Boston, Ivy League, dan Stanford University. Pada 2005, the facebook secara resmi membeli domain mereka dan berganti nama menjadi facebook.com lalu mulai diperluas ke kalangan pelajar SMA. Karena memiliki banyak peminat, akhirnya facebook diperluas lagi dan kini seluruh masyarakat bisa memiliki akun facebooknya sendiri.

Lalu apa saja fitur-fitur dasar yang ada di facebook? berikut penjabarannya.

Tambah Teman
Fungsi utama dari facebook adalah memiliki banyak teman sesama pengguna facebook. Dengan fitur tambah teman, ditambah lagi cara pencarian nama teman yang gampang, dapat memudahkan kita untuk menemukan teman kita. Namun agar bisa berteman di facebook, selain tambah teman, akun yang kita tambahkan sebagai teman kita harus melakukan konfirmasi pertemanan terlebih dahulu.

Posting Status
Para pengguna facebook bisa mem-posting apapun yang ada didalam pikiran mereka. Entah itu info yang cukup penting hingga curhatan yang tidak penting sama sekali. Status yang telah di-posting nanti akan terlihat di beranda teman kita di facebook, dan mereka bisa memberikan "Like" dan komentar mereka.

Posting Foto/video
Selain mem-posting status, di Facebook kita juga bisa mengirim beberapa foto dan video. Bahkan foto-foto dan video yang kita posting bisa kita kelompokkan dan dibuatkan album. Sama seperti status, foto dan video yang kita post juga bisa dikomentari oleh teman kita di Facebook.

Like
Fitur like disini bisa kita gunakan ketika kita menyukai postingan yang dikirim oleh teman kita di facebook. Tidak ada efek khusus yang terjadi pada akun facebook kita jika kita melakukan Like ataupun tidak, namun itu hanya sekadar memberikan respect kita terhadap postingan teman kita.

Komentar
Selain memberikan Like, kita juga bisa memberikan komentar kita terhadap postingan teman kita di Facebook. Kita dapat dengan bebas memberika komentar apapun, namun ada baiknya sebelum mengirim komentar tersebut, agar di koreksi dahulu agar tidak menyinggung perasaan si pemilik akun yang kita komentari. Komentar dan Like yang kita berikan akan terlihat oleh pengguna facebook lainnya

Chat/Pesan
Chat/pesan di facebook bersifat lebih privasi. Jika komentar dapat dilihat oleh pengguna facebook yang lainnya, pesan tidak bisa dilihat selain oleh Si Pengirim dan Si Penerima pesan.

Aplikasi/Game
Jika anda sudah bosan melihat beranda yang berisi postingan teman anda yang sudah anda lihat berkali-kali, anda juga bisa meluangkan waktu anda dengan mencoba beberapa aplikasi dan game yang ada di facebook. Apalagi seluruh aplikasi dan game dapat dimainkan secara gratis.

Poke/Colek
Fitur ini memungkinkan para pengguna facebook untuk "mencolek" teman mereka di facebook secara virtual. Entah apa tujuan utama dari fitur ini, tapi penulis sendiri dulu pernah main "colek-mencolek" dengan teman-teman penulis.


Sekian penjelasan fitur-fitur dasar yang ada di jejaring sosial Facebook. Tentu masih banyak lagi fitur-fitur facebook yang bisa membuat kegiatan-kegiatan berinteraksi bersama teman di dunia maya menjadi lebih asik. Namun tetap ingat agar jejaring sosial bisa digunakan secara bijak, karena yang bermain dengan jejaring sosial ini banyak juga yang masih di bawah umur. Jadi penulis harap agar selalu berfikir seblum mem-posting, agar tidak memberikan dampak negatif kedepannya. good bye

0 komentar:

Posting Komentar