Rabu, 23 November 2016

WEREWOLF GAME (Aturan)

Setelah sebelumnya admin telah memposting tentang tokoh-tokoh yang ada di werewolf game ini, sekarang admin akan menjelaskan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pemain agar permainan menjadi lebih seru. Sebenarnya seluruh peraturan berada di tangan moderator, namun admin hanya memberikan referensi sesuai dengan pengalaman admin bermain permainan ini.

1. DILARANG MEMBUKA MATA PADA SESI MALAM

Ini merupakan peraturan yang paling penting. Seluruh pemain (selain moderator) dilarang membuka mata saat malam hari. Kecuali untuk para tokoh khusus yang diperintahkan oleh moderator untuk membuka mata, ya memang harus buka mata. Tapi selain pemain yang disuruh, sangat dilarang untuk mengintip (kecuali tokoh little boy/girl yang harus mengintip werewolf). Memang kita akan merasa sangat penasaran ingin tahu siapa saja yang mendapat peran di game ini, tapi permainan tidak akan seru ketika satu orang saja berbuat curang.

2. MODERATOR SELALU BENAR

Tidak bisa dipungkiri bahwa moderator memiliki peran yang sangat penting dalam permainan ini karena ialah yang mengatur jalannya permainan. Seorang moderator harus sangat menguasai peraturan dan langkah-langkah permainan. Moderator memiliki hak untuk menerapkan peraturan-peraturan khusus di dalam permainan. Pemain lain tidak boleh memaksakan kehendak dan memerintah moderator, namun hanya boleh sebatas memberikan intruksi kepada moderator.

3. DILARANG MEMBUKA KARTU

Peraturan lainnya yang sama sekali tidak boleh dilanggar adalah dilarang membuka kartu. Inti dari permainan ini adalah bisa menemukan werewolf yang menyamar sebagai warga desa. Jadi pemain harus bisa menemukannya melalui gerak-gerik dan cara bicaranya. Jika ada kartu yang terbuka baik sengaja maupun tidak sengaja, maka pemilik kartu terkena diskualifikasi.

4. BICARA APA SAJA ASAL NO SARA

Dalam permainan ini, pemain bebas untuk menyampaikan argumennya. Bahkan ia juga bisa mengaku sebagai tokoh lain untuk menyembunyikan identitas aslinya selama tidak membuka kartu seperti aturan nomor 3. Namun hal yang paling penting dari kebebasan berbicara adalah dilarang menyinggung perasaan orang lain secara pribadi (personal) terutama yang berbau SARA (Suku, Adat, Ras, Agama). Permainan ini hanya untuk hiburan saja, sangat tidak mengenakkan jika hanya karena sebuah permainan malah memicu perpecahan.

5. DILARANG MEMBOCORKAN PERAN TOKOH

Poin ini sama seperti poin ketiga. Jika misalkan saat kalian bermain, disekeliling kalian ada penonton, harap beritahu mereka agar tidak membocorkan tokoh yang didapat dari masing-masing pemain. Begitu pula untuk pemain yang telah dikeluarkan dari permainan harus membantu menjaga agar permainan tetap berjalan dengan lancar dan tidak membocorkan tokoh-tokohnya.

6. PERBANDINGAN JUMLAH PEMAIN

Menentukan tokoh yang digunakan adalah tugas moderator. Tokoh yang wajib ada sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Minimal jumlah pemain agar permainan dapat berjalan lancar yaitu 8 orang termasuk moderator dengan perbandingan Seer:Guardian:Villager:Werewolf = 1:1:3:2. Aturlah agar jumlah werewolf tidak terlalu banyak (menurut admin paling ideal 2 atau 3). Dan untuk tokoh lain bisa disesuaikan oleh moderator.

Kurang lebih aturan dasar dari permainan werewolf adalah seperti itu. Jika ada yang kurang, bisa ditambah di kolom komentar. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menonton video-video permainan werewolf ini di Youtube, karena akan lebih mudah mengerti dari menonton video tersebut ketimbang kalian membacanya. Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar