Sabtu, 24 November 2018

Instalasi Pentaho Data Integration


Halo Semeton. Setelah beberappa hari kemarin kita membahas mengenai Data Warehouse, kali ini kita akan membahas mengenai instalasi salah satu tools yaitu Pentaho Data Integration dengan dosen bapak I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.

Pentaho Data Integration (PDI) adalah sebuah ETL tool open source yang populer. Selain versi enterprise, ada versi community yang bisa kita gunakan secara cuma-cuma. PDI dapat dijalankan sebagai aplikasi standalone atau sebagai aplilasi client-server, dimana development dilakukan di komputer dan eksekusi dijalankan di server. Untuk perkenalan singkat ini, kita menggunakan PDI Community Edition sebagai aplikasi standalone untuk load dataset CSV ke dalam database. Untuk menginstall PDI, terdapat tiga hal penting yang wajib dilakukan, yaitu.
1.      Instalasi Java Software (JDK & JRE)
2.      Konfigurasi Environment Variables untuk path Java
3.      Instalasi Pentaho

Mari kita mulai dengan langkah pertama.

1. Instalasi Java Software
Untuk mengecek apakah Java telah terinstall atau belum pada PC yg digunakan, dapat melalui Command Promt (CMD), lalu ketik java -version seperti gambar dibawah ini.

Apabila PC yang digunakan belum terinstall java sebelumnya, Java Software dapat diunduh melalui link berikut ini

2. Konfigurasi Environment Variables untuk path Java
Untuk membuka PDI Client, kita perlu mengatur konfigurasi Environment Variable untuk pathhh Java terlebih dahulu. Untuk mengatur konfigurasi, masuk ke Control Panel > System and Security > System lalu pilih Advanced System Settings. Untuk langkah selanjutnya dapat mengikuti seperti pada gambar di bawah ini.







3. Install Pentaho Data Integration (PDI)
Pentaho Data Integration dapat diunduh di >>>. Untuk mengunduh PDI ini cukup memilih pilihan Download dan sistem akan otomatis melakukan proses mengunduh.



Setelah proses unduh PDI selesai, selanjutnya adalah extract file PDI. Jalankan file Spoon.bat dan akan muncul halaman awal dari PDI seperti gambar di bawah ini dan proses instalasi telah selesai.




1 komentar: