Minggu, 06 November 2016

Aplikasi-Aplikasi yang Ada di OS Linux Ubuntu

Hai semuanya. kali ini saya akan berbagi tentang program-program yang ada di OS LINUX Ubuntu dana saya menggunakan Ubuntu versi 16.04.

Postingan kali ini termotivasi oleh tugas yang diberikan oleh dosen saya di mata kuliah Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi. Saya menginstal OS Linux dalam Dual Boot, dengan OS lainnya yaitu Windows 8. Program-program yang akan saya share disini merupakan contoh dari beberapa kategori yaitu kategori Perkantoran, Desain Grafis, Internet/web, Pemrograman, Pendidikan.

Pertama kita masuk dulu ke menu booting dan pilih Ubuntu sebagai OSnya.

1. Libre Office (Perkantoran)
Libre office merupakan sebuah paket aplikasi perkantoran yang ada di Linux. Libre Office hampir sama dengan Microsoft Office, hanya saja Libre Office bekerja di Linux, sedangkan Microsoft Office lazimnya ada di Windows. Libre Office dikembangkan oleh The Document Foundation. Libre Office langsung terinstal secara otomatis ketika kita menginstal Linux. Di dalam Libre Office terdapat beberapa aplikasi-aplikasi untuk mengolah kata (LibreOffice Writer), mengolah data (LibreOffice Calc), membuat presentasi (LibreOffice Impress), dan lain sebagainya.

tampilan Libre Office
tampilan LibreOffice Writer
 tampilan LibreOffice Impress
tampilan LibreOffice Calc


2. Inkscape (Desain Grafis)
Inkscape adalah aplikasi editing gambar/desain grafis dibawah lesensi GPU NPL. Tampilannya mirip dengan Aplikasi editing desain grafis CorelDraw.

tampilan Inkscape

3. Mozilla Firefox (Internet/Web)
Untuk Browsing internet di Linux, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi web, salah satunya Mozilla Firefox. Mozilla Firefox dapat kita dapatkan secara gratis dan sudah otomatis terinstal ketika kita menginstal linux. Tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan tampilan Mozilla Firefox di OS Windows.
 tampilan Mozilla Firefox


4. Geany (Pemrograman)
Bagi mahasiswa TI, aplikasi Pemrograman merupakan aplikasi yang wajib ada di dalam sebuah PC. nah di Operation System Linux, kita bisa menggunakan apliaksi Geany dalam membuat suatu program. Geany tidak terinstal langsung di dalam Linux ketika kita menginstal linux, jadi kita harus download dulu dan kita bisa mendapatkannya secara gratis.

 tampilan Geany


5. Tux Math (Pendidikan/Edukasi)
Ketika melihat nama aplikasi "Tux Math", yang terlintas di dalam benak saya pertama adalah kalkulator atau sejenis kamus matematika. Namun setelah saya coba jalankan aplikasinya, ternyata merupakan sebuah permainan yang mampu mengasah kemampuan matematika kita. Disana kita bisa memilih level sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita.
tampilan Tux Math

Sekian postingan kali ini, jika teman-teman pembaca memiliki masukan, silahkan memberi komentar. Terimakasih :D

0 komentar:

Posting Komentar