Minggu, 20 November 2016

Tips Membeli Gitar Akustik

Hai semua. Kali ini saya akan mmbagi beberapa tips membeli gitar akustik. Bagi kalian yang masih dalam tahap belajar, tentunya kalian memerlukan sebuah gitar yang pas agar tidak menghambat proses belajar kalian.

1. Sesuaikan dengan minat

Hal pertama yang harus kalian perhatikan sebelum membeli sebuah gutar akustik adalah menentukan apakah kalian ingin membeli gitar akustik klasik atau gitar akustik biasa. Gitar akustik klasik biasanya identik dengan gitar akustik nilon (senarnya dari nilon) dan biasanya digunakan untuk bermain lagu-lagu klasik. Sedangkan gitar akustik biasa merupakan gitar akustik yang menggunakan senar string seperti gitar elektrik.

2. Bentuk dan desain

Saat kalian memilih gitar akustik, sesuaikanlah bentuk gitar yang kalian inginkan dengan badan kalian. Pilihlah gitar akustik yang benar-benar membuat kalian nyaman saat memegangnya sehingga kalian tidak akan cepat pegal saat bermainnya. Selain itu perhatikan juga jumlah fretnya. Kalian dapat memilih gitar akustik dengan jumlah fret yang banyak. Dengan demikian kalian bisa sekaligus belajar bermain melodi lebih mudah. Lalu perhatikan pula jenis kayunya. Umumnya jenis kayu yang bagus itu akan menghasilkan gitar yang cukup berat. Selain itu perhatikan cat dan desainnya, agar kalian selalu pede menggunakannya di depan teman-teman atau bahkan di depan doi kalian.

3. Kenyamanan

Kenyamanan saat menggunakan gitar sangat penting karena mempengaruhi permainan gitar kalian. Pilihlah gitar dengan ketebalan fret yang pas dan nyaman buat kalian. Coba memainkan chord-chord kres/palang dan cocokan.

4. Suara yang dihasilkan

Coba lah keseluruhan fret terutama fret-fret di atas fret 12, dan dengar suaranya. setiap gitar memiliki karakteristik suara yang berbeda-beda. Yang terpenting, jangan sampai kalian membeli gitar yang pada fret tertentu mengalami buzzing atau menghasilkan suara yang fals.

5. Neck

Perhatikan neck gitar. Pastikan bahwa neck gitar yang kalian inginkan sudah lurus atau belum. Dalam beberapa kasus, ada gitar yang saat stringnya di stem melebihi batas (distem dengan kencang) lalu necknya malah bengkok. Pilihlah gitar yang telah terpasang besi baja/truss rod, untuk mencegah gitar mengalami bengkok.

6. Harga

Dari semua tips diatas, tips inilah yang sangat penting. Iya,  harga. Sesuaikanlah gitar yang ingin kalian beli dengan budget yang kalian punya. Lakukanlah survei di beberapa toko alat musik sampai menemukan harga yang pas dengan kantong anda.

Sekian postingan saya. Terimakasih telah berkunjung.

0 komentar:

Posting Komentar