Minggu, 27 November 2016

Pengenalan Bahasa Pemrograman

Postingan kali ini sekaligus menjadi tugas yang saya dapat di matakuliah Pengantar Sistem. Disini saya akan membahas tentang bahasa pemrograman secara umum sebagai pengenalan saja.


DEFINISI

Bahasa Pemrograman (Programing Language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa Pemgrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipake untuk mendefinisikan program komputer.


TINGKAT PEMROGRAMAN

1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

Bahasa pemrograman tingkat rendah adalah bahasa mesin. Artinya bahasa ini diciptakan agar mesin dapat memahami perintah dari user. Bahasa ini sangat susah untuk dimengerti, maka diciptakan bahasa tingkat tinggi. Contohnya binner, asembly, C(stack), dll.

2. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Walaupun disebut tingkat tinggi, tapi artinya bukan bahasa pemrograman ini sangat suli atau ribet. Justru bahasa pemrograman tingkat tinggi ini yang paling manusiawi. Maksudnya adalah bahasanya bisa dimengerti oleh manusia dan mudah untuk dipelajari.


MODEL PEMROGRAMAN

Pada umumnya, model pemrograman dibagi menjadi dua buah tipe, yaitu Structural dan Object Orientasi, dimana penjelasan dari masing-masing model pemrograman tersebut adalah sebagai berikut.

1. Structural

Model Pemgrograman yang pertama yaitu Structural atau dalam bahasa Indonesianya yaitu terstruktur. Dikatakan terstruktur karena model pemrograman ini berisi suatu aktivitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Inti dari Model Pemrograman Terstruktur yaitu terdapat Function (fungsi) dan  Procedure (Prosedur).
Contohnya Pascal, C, Delphi, dll.

2. Object Oriented

Model Pemrograman yang kedua yaitu Object Oriented atau sering disingkat dengan OOP (Object Oriented Programing). OOP merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Di dalam OOP, seluruh data dan fungsi di dalamnya disatukan dalam kelas-kelas atau objek-objek. Objek-objek inilah nanti yang bisa menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Contohnya Java, Python, PHP, dll.


PERANAN

Terdapat banyak peran atau kegunaan dari bahasa pemrograman ini. Namun setiap bahasa pemrograman memiliki peran yang berbeda-beda. Berikut yang bisa kita gunakan dari bahasa pemrograman.

a. Jaringan Komputer : Socket Programming (C, Java, Python)
b. DataBase : DBC (Java ODBC, Python, dll)
c. Internet of Thing
d. Cloud Computing (Platform as a Service)
e. Intelligent Transportation System
f. Parallel Computing (C)
g. Bio Informatika, E-health, dll


TIPS PEMROGRAMAN

Bagi kalian yang merasa kesulitan memahami suatu bahasa pemrograman (seperti admin), tips berikut ini akan membantu kalian agar dapat mempelajari bahasa pemrograman dengan lebih afisien.

1. Pahami Algoritma

Algortima merupakan urutan langkah-langkah yang logis untuk memecahkan suatu masalah. Hal pertama yang bisa kalian lakukan jika merasa bingung terhadap suatu bahasa pemrograman, kalian bisa mulai dengan memahami algoritmanya. pada umumnya setiap bahasa pemrograman memiliki perbedaan pada syntax, namun jika kalian bisa memahami algoritmanya, 'aka kalian akan paham maksud dari program tersebut.

2. Kuasai Syntax

Setelah kalian memahami algoritma, tahap selanjutnya adalah menguasai syntax. Menguasai syntax akan membantu kalian mengerjakan suatu program yang kalian inginkan agar lebih mudah dan cepat.

3. Pahami Model Pemrograman

Sebelum kalian membuat suatu program, pahami dulu model pemrograman yang kalian gunakan. Apakah structural atau object oriented.

4. Berlatih

5. Studi dengan Kasus Sehari-Hari

6. Aktif dalam Pengembangan (projek, open source, github, dll)


SECURITY

Ketika membuat suatu program, pastikan kalian memikirkan keamanan dari program yang kalian kerjakan. Minimalisir kesalahan pada algoritma agar tidak terjadi kerusakan pada sistemnya. Lalu perhatikan  juga buffer overflow. Buffer Overflow adalah celah yang terdapat pada program atau sistem yang dapat disusupi oleh hacker.

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus