Minggu, 11 November 2018

Business Intelligence


  Halo Semeton. kali ini kita akan membahas mengenai materi yang saya dapatkan di Program Studi Teknologi Informasi di mata kuliah Data Warehouse. Namun untuk materi kali ini bukan lagi berkaitan langsung dengan Data Warehouse, melainkan perkembangannya yaitu mengenai Business Intelligence dengan dosen bapak I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
BI (Business Intelligence) merupakan system yang berbasiskan data dimana system ini dapat merubah data mentah menjadi sebuah informasi yang nantinya digunakan untuk kepentingan analisis bisnis. Data yang digunakan oleh BI merupakan data transaksional dan data historis dari usaha bisnis. BI sendiri memiliki fungsi yang salah satunya yaitu untuk membantu mengetahui karakter dari pelanggan, keadaan pasar dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
            Terdapat lima konsep dasar yang membuat BI berbeda dengan Data Warehouse yaitu, Data Slicing, Data analysis, situation awareness, risk analysis dan decision support.
1.    Data Slicing
BI dapat digunakan untuk memilah sumber data dengan melihat historis dari sumber data. Selain historis, dapat dilihat juga format data yang digunakan pada data yang akan di slicing harus lah sama agar proses slicing berjalan dengan mudah.

2.    Data Analysis
BI berfungsi menganalisi data yang telah di kumpulkan dari berbagai sumber data. Data yang dikumpulkan kemudian diambil knowledgenya lalu di lakukan analisa.

3.    Situation Awareness
BI memperhatikan environment atau lokasi bisnis sehingga pemilik usaha dapat mengetahui pemetaan datanya.

4.    Risk Analysis
Data hasil analisis BI dapat digunakan oleh stakeholder perusahaan untuk  melihat resiko atau akbat yang akan didapatkan apabila data atau informasi tersebut diterapkan. Resiko yang akan dihadapi dapat diminimalisir atau dicegah sedini mungkin. Contohnya adanya data corrupt sehingga akan membuat data susah untuk di slacing dan dianalisa. Pihak perusahaan dapat mencari solusi untuk menangani masalah tersebut.


5.    Decision support
Data yang dianalisa akan memberikan output informasi berupa report atau laporan yang akan diberikan oleh user level 2 kepada user level 1. Report ini akan menjadi factor pendukung pengambilan keputusan.

Contoh- contoh implementasi BI pada bidang bisnis adalah Executive Information System, Business Activity Monitoring, Decision Support System, Management Information System, Geographic Information System, dan lain- lain.
1.    Executive Information System (EIS)
Executive Information System adalah manajemen sistem informasi untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan yang dibutuhkan eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap informasi baik dari dalam maupun dari luar yang relevan dengan tujuan organisasi.

2.    Business Activity Monitoring (BAM)
BAM berfungsi memonitoring semua aktivitas perusahaan sehingga didapatkan informasi dan knowledge-nya.

3.    Decision Support System (DSS)
Decision Support System merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

4.    Management Information System (MIS)
Management Information System merupakan sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.

5.    Geographic Information System (GIS)
Geographic Information System merupakan sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan).  Apabila dikaitkan dalam dalam bidang bisnis, system ini akan membantu menentukan lokasi pelanggan, menentukan produk apa yang cocok dipasarkan pada wilayah tertentu, serta perusahaan dapat memberi jejak sehingga akan memudahkan pelanggan untuk mendekati perusahaan.

       BI Tools merupakan tools yang digunakan untuk mengimplementasikan BI itu sendiri. Tools ini terdiri dari 3 jenis yakni software, hardware, dan system. Contoh software atau modul yang biasa digunakan yakni Pentaho.



0 komentar:

Posting Komentar