Minggu, 04 November 2018

Integrasi pada Data Warehouse

  Halo Semeton. kali ini kita akan membahas mengenai materi yang saya dapatkan di Program Studi Teknologi Informasi Universitas Udayana di mata kuliah Data Warehouse mengenai Integrasi pada Data Warehouse dengan dosen bapak I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.

Integrasi merupakan sebuah sistem yang mengalami penyatuan sesuatu hingga menjadi utuh. Integrasi dalam teknologi memiliki banyak kegunaan diantaranya integrase dalam level data, level aplikasi dan level middleware.

Integrasi data adalah penggabungan data dari 2 atau lebih database yang berbeda dengan menjadikan data tersebut menjadi satu tempat penyimpanan atau Gudang data (Data warehouse) yang berfungsi sebagai alat untuk mempermudah user untuk melakukan Analisa.

Integrasi Aplikasi memiliki fungsi yang hampir sama dengan integrase data. Integrasi aplikasi akan menyatukan penggabungan aplikasi-aplikasi untuk mempermudah user untuk melakukan pertukaran data serta informasi antar aplikasi.
Integrasi middleware merupakan sistem perangkat lunak yang menawarkan jasa runtime untuk komunikasi, pelaksanaan integrasi aplikasi, pemantauan dan operasi.  Fungsi utama dari middleware adalah untuk membantu membuat pengembangan aplikasi sederhana. Hal ini dilakukan dengan menawarkan abstraksi pemrograman umum, menutupi heterogenitas, memberikan sistem operasi fundamental dan perangkat keras, dan masking tingkat rendah rincian pemrograman.

Tujuan adanya integrasi pada data warehouse adalah untuk menganalisa data sehingga instansi mendapatkan informasi dari sepotong data yang di dapatkan dengan melakukan mining yang di sebut dengan knowledge. Knowledge ini dapat digunakan dengan mengambil keputusan dan penentuan strategi.

            Contoh pengaplikasian integrase dapat dilihat dengan contoh schema berikut dengan contoh kasus dirjen pajak.

Implementasi Data Warehouse Terintegrasi terdapat pada Dirjen Pajak dimana data didapatkan dari 2 sumber data yakni Sumber data Internal dan Eksternal (Mengambil data dari social media masyarakat) lalu digudangkan didalam Data Warehouse. Data Warehouse yang telah dianalisa dapat dapat menghasilkan output berupa informasi. User Level 1, Level 2 dan Level 3 dengan mengakses Dashboard. User Level 3 akan membersihkan dan melakukan Slacing Data yang pada Data Warehouse.
Referensi:
I Putu Agus Eka Pratama. Handbook Data Warehouse. Penerbit Informatika. Bandung. 2017

0 komentar:

Posting Komentar