Arti Lambang Fakultas Teknik Universitas Udayana

Dibalik lambangnya yang gagah, Lambang Fakultas Teknik Universitas Udayana memiliki makna yang tersirat didalamnya.

Pengantar Sosial Media

Secara umum, sosial media merupakan wadah seseorang untuk berbagi berbagai informasi kepada masyarakat luas secara online, tidak terbatasi oleh jarak dan waktu.

Werewolf Game

Meng'eliminasi atau ter'eliminasi.

Kelestarian Budaya Bali

Mengapa masyarakat Bali sangat antusias terhadap keseniannya?

Minggu, 27 November 2016

Pengenalan Data Base

Basis data atau Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat Lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri  (query) basis data disebut sistem menejemen basis data (database management system, DBMS).
Ada beberapa komponen penyusun basis data diantaranya:
-    Hardware
-    Operation System
-    Database
-    Data Base Management System (DBMS)
-    Users (Database Administrator, End Users, System Analyst and application programmers, dan lainnya)
Database pada awalnya relatif "flat", artinya mereka hanya terbatas pada baris dan kolom yang sederhana, yang hanya dapat menyimpan teks atau data numerik, seperti spreadsheet. Namun, dalam perkembangannya, saat ini database memungkinkan pengguna menyimpan tipe data lain seperti klip suara, gambar, dan video. Selain itu hingga saat ini, database memiliki berbagai jenis yang berbeda, yang tentunya sesuai dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dijelasankan berbagai jenis database tersebut.
Adapun jenis jenis database diantaranya:

1. Database Analitik (Analytical Processing)

Database Analitik (atau OLAP-On Line Analytical Processing) merupakan database penyimpan arsip atau data historis yang hanya dapat dibaca (read-only database), dan digunakan untuk analisis. Sebagai contoh, sebuah perusahaan pasti menyimpan laporan-laporan penjualan selama beberapa tahun belakangan di dalam database analitik dan menggunakan database ini sebagai referensi saat menganalisis strategi pemasaran priode berikutnya.

2. Database Relational (Relational Database)

Database relasional merupakan jenis database yang terpopuler. Database relasional memungkinkan pengguna untuk mengakses, update, dan mencari informasi berdasarkan hubungan data yang disimpan dalam tabel yang berbeda. Database relasional juga dapat menjalankan query yang melibatkan beberapa database.



Dalam database ada yang di sebut dengan DBMS atau Data Base Manajemen Sistem yang merupakan system penelusuran dan temu kembali informasi dari sebuah database secara cepat. DBMS menentukan bagaimana data disimpan dan ditemukan kembali. Relational DBMS adalah sebuah database dimana data akan tersusun dalam serangkaian table (“Relations”) dengan cara yang berbeda.
Jadi DBMS  adalah semua peralatan komputer (hardware + software + firmware). DBMS dilengkapi dengan bahasa yang berorientasi pada data (high level data langauage) yang sering disebut juga sebagai bahasa generasi ke 4 (fourth generation language).
Peralatan untuk menetapkan atau menentukan pendekatan database disebut DBMS. DBMS merupakan software dan hardware yang khusus didesain untuk melindungi dan memanage database.
Dengan menggunakan DBMS, maka dapat :
•    Mendefinisikan data dan hubungannya.
•    Mendokumentasikan struktur dan definisi data
•    Menggambarkan, mengorganisasikan dan menyimpan data untuk akses yang selektif atau dipilih dan efisien.
•    Hubungan yang sesuai antara user dengan sumber daya data.
•    Perlindungan terhadap sumber daya data akan terjamin, dapat diandalkan, konsisten dan benar.
•    Memisahkan masalah logical dan physical sehingga merubah implementasi database secara fisik
•    tidak menghendaki user untuk merubah maksud data (logical).
•    Menentukan pembagian data kepada para user untuk mengakses secara concurrent pada sumber daya data.
Contoh DBMS :
1. Database hierarchy : Pengaksesan data harus mengikuti aturan hierarchy yang sudah didefinisikan terlebih dahulu.
Contoh : IMS-2 (Information Management System) oleh IBM, 1968
2. Data Network : data membentuk jaringan yang lebih bebas dari model hierarchy.
Contoh : IDMS (Integrated Database Management System) oleh Cullinet Software Inc, 1972
3. Data Relational : data dikelompokkan secara bebas menurut jenisnya lewat proses
normalisasi
Contoh :
•     INGRES oleh UN of CA & Relational Tech., 1973
•    System-R oleh IBM Research, 1975
•    ORACLE oleh Relational Software Inc. , 1979
•     DBASE II oleh Ashton-Tate, 1981
Komponen Utama DBMS
Komponen utama DBMS dapat dibagi menjadi 4 macam :
1.    Perangkat Keras
2.    Perangkat Lunak
3.    Data
4.    Pengguna
Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan DBMS
Pengunaan DMBS untuk mengelola data mempunyai beberapa keuntungan,
yaitu :
•    Kebebasan data dan akses yang efisien
•    Mereduksi waktu pengembangan aplikasi
•    Integritas dan keamanan data
•    Administrasi keseragaman data
•    Akses bersamaan dan perbaikan dari terjadinya crashes (tabrakan dari proses serentak).
•    Mengurangi data redundancy : Data redundansi dapat direduksi/dikurangi, tetapi tidak dapat dihilangkan sama sekali (untuk kepentingan keyfield)
•    Membutuhkan sedikit memory untuk penyimpanan data
Kerugian pengunaan DBMS antara lain :
•    Memperoleh perangkat lunak yang mahal (teknologi DBMS, Operation, Conversion, Planning, Risk). DBMS mainframe masih sangat mahal. DBMS berbasis mikro biayanya mencapai beberapa ratus dolar, dapat menggambarkan suatu organisasi yang kecil secara berarti
•    Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar. DBMS sering memerlukan kapasitas penyimpanan primer dan sekunder yang lebih besar daripada yang diperlukan oleh program aplikasi lain. Juga, kemudahan yang dibuat oleh DBMS dalam mengambil informasi mendorong lebih banyak terminal pemakai yang disertakan dalam konfigurasi daripada jika sebaliknya.
•    Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA DBMS memerlukan pengetahuan khusus agar dapat memanfaatkan kemampuan secara penuh. Pengetahuan khusus ini paling baik diberikan oleh pengelola database.
Basis data memiliki operasi dasar yaitu:
-    Create Database: Digunakan untuk membuat data base baru
-    Drop Database: Untuk menghapus Database yang sudah dibuat
-    Create Table: Untuk membuat table baru
-    Drop Table: Untuk menghapus table
-    Insert: Memasukan query
-    Retrieve / Search
-    Update: Untuk memperbaharui database
-    Delete
Basis data memiliki kriteria agar bisa disebut basis data dianataranya
1.    Bersifat data oriented dan bukan program oriented
2.    Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi
3.    Dapat digunakan dengan cara berbeda-beda
4.    Kerangkapan data minimal

Tutorial Bermain Drum [PEMULA]

Drum adalah alat musik yang termasuk kedalam alat musik perkusi. Di dalam permainan musik pop, rock, dan jazz biasanya menggunakan drum sebagai penentu tempo dan juga ketukan dasar dari sebuah komposisi permainan lagu. Apa itu drum?drum kit atau drum set adalah sekelompok drum yang tersusun terdiri dari snare, hi hat, tom,tom, tom floor bass drum, dan kadang ditambah dengan drum listrik. Tidak ketinggalan juga ada piringan yang terbuat dari bahan metal yang berwarna keemasan yang biasa disebut dengan nama cymbal. Nah, cymbal setidaknya ada 3 buah pada drum kit, yaitu crash, ride, dan hi-hat. Nah, bagi anda yang ingin mahir bermain drum, anda perlu mengetahui dulu teknik-teknik dasar bermain drum. Siapa tahu anda bisa menjadi drummer avenged sevenfold yang selanjutnya atau mungkin bisa menjadi drummer terbaik abad ini.

Tentu saja dalam bermain drum ada banyak sekali teknik dasar yang wajib anda ketahui mulai dari dari posisi duduk hingga cara memukulnya. Jadi ingat, memukul drum tidak asal lho, semua ada tekniknya tak segampang seperti yang anda lihat di video atau televisi, Tapi tenang saja, semua bisa karena terbiasa. Jadi, anda perlu belajar sungguh sungguh, mereka yang sekarang mahir dan pandai bermain drum juga dulunya adalah pemula seperti anda. Hebat atau tidaknya anda dalam bermain drum bergantung pada berapa lama anda berlatih drum secara rutin. Lebih baik anda mulai berlatih 1 jam perhari dari pada 12 tapi hanya seminggu sekali. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya akan memebrikan beberapa teknik dasar dalam bermain drum agar anda bisa menjadi drummer yang handal dan juga mahir. Dan anda bisa menggunakannya untuk referensi ketika belajar drum di kemudian hari ketika anda sudah mahir. Teknik dasar akan menentukan kualitas permainan anda. Semoga bermanfaat.

TEKNIK BELAJAR

Tegak Ketika Duduk
Posisi duduk anda haruslah tegak agar anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai ketika bermain drum. Anda bisa tegak dan terlatih tegak akan memberikan tenaga tambahan ketika anda sedang bermain drum dalam waktu yang cukup lama. Jadi jangan membungkuk atau terlalu tegak kebelakang. Tegaklah agar anda mampu mendapatkan seluruh bagian dari drum. Dan power ketika bermain drum dengan baik dan benar juga. Tak usah memperdulikan posisi yang tidak biasa. Anda bisa melakukannya secara terus menerus dan memaksa anda yang terbiasa bungkuk menjadi tidak bungkuk lagi dalam duduk. Cobalah untuk disiplin dalam posisi tegak ini.

Ibu Jari Tumpuan Stick
Nah, jangan lupa ketika memegang stick drum, anda perlu membuat sesuatu yang benar agar mendapatkan tingkat ketebalan dalam bermain drum dengan baik. Yaitu dengan menempatkan posisi ibu jadi pada bagian tengah stick drum anda. Jadi, anda yang sedang belajar harus paham ini dengan baik. Sisakan stick pada bagian belakang agar telapak tangan anda bisa membuka tutup untuk membuat stick anda melayang ketika menyentuh bagian drum. Jadi, ketika stick rum anda kembali anda cukup menangkapnya tak perlu menarik stik drum dengan menggunakan tenaga yang berlebihan. Anda pun bisa menghemat tenaga dalam memainkan drum anda.

 Ada Dua cara dalam Memegang stick untuk memukul drum, yaitu:

1. Teknik Match Grip adalah memegang dengan posisi stick lurus agar mendapatkan tenaga yang cukup keras. Biasanya teknik ini digunakan para pemain professional pada genre lagu rock dan juga rock. Nah, bagi anda yang merupakan pemula teruslah belajar dengan teknik ini dengan benar.

2. Teknik Tradisional Grip Teknik adalah memegang stick drum dengan cara menyamping dan sedikit lebih pelan. Tentu saja teknik ini memiliki tujuan untuk membuat suara atau tone yang lembut dan juga soft. Teknik ini biasa digunakan mereka yang merupakan drummer dari pemain musik jazz. dan swing.

Injak Pedal Bass Drum dengan Baik
Anda perlu menjaga pijakan anda agar terdengar baik, pada dasarnya pada permainan druma dan dua bagian yang penting yaitu pada bass drum dan snare. Jadi, ketukan anda harus pas dan juga sangat penting untuk konsisten. Misal anda salah atau lupa, anda pastikan bahwa anda tidak lupa dalam ketukan bass drum atau snare karena pada bagian tersebut akan menentukan tempo dari seluruh alat musik yang sedang bermain bersama dengan drum.

Ada teknik dasar ketika menginjak pedal bass drum, yaitu:
1. Full Kick - Anda bisa menggunakan seluruh bagian telapak kaki anda agar anda bisa menemukan sisi stabil dalam mengetuk sebuah bass drum. Dengan teknik ini, anda bisa menggunakan engsel mata kaki anda yang akan membuat anda menjadi lebih baik lagi. Tapi terkadang teknik ini cukup melelahkan karena akan membutuhkan tenaga banyak untuk menekan sebuah bass drum dengan tenaga tersebut. Hasilnya pun akan kurang bertenaga. Tapi, jika anda sedang konser, teknik ini sangat recommended karena akan sangat saving kekuatan kaki anda. Dan juga ketika konser pada bagian bass drum sudah ada mic jadi tak perlu kuat kuat. 
2. Half Kick - Anda menggunakan setengah kaki anda pada bagian dengan. Teknik ini menekankan engsel lutut sebagai tumpuan. Jadi, anda bisa mengangkat kaki anda keatas. Teknik ini akan memberikan anda kekuatan untuk menjadikan ketukan bass drum menjadi lebih bulat dan juga kuat. Untuk anda yang suka bertempo cepat, teknik ini sangat bagus karena akan membuat permainan anda konsisten dan terlihat jelas.
Hi-hat adalah Pengatur Tempo
Nah, pada kaki kiri anda, anda perlu memainkan hi hat dengan benar. tidak hanya sebagai cymbal, hi hat merupakan sebuah pengatur tempo dan juga ketukan bagi para drummer. Ketukan dari hi hat harus jelas dan juga baik. karena memang dalam memainkan drum, anda perlu memberikan ketukan yang stabil dan tidak kurang atau kelebihan. Seperti halnya dalam permainan alat musik lainnya. Biasanya hi hat akan membagi bagian bagian dari permainan ke dalam bentuk beberapa bar dan akan diperjelas dengan membukanya hi hat. Dengan kata lain, anda perlu mengetuk hi hat yang tertutup lalu membukanya pada bagian terakhir sebelum memulai bar selanjutnya. Nah, menginjak pedal hi hat juga perlu dengan aturan tersendiri. Anda perlu menentukan open hi hat pada ukuran 0, 1/2, 1/4, 1 (full) karena hasil dari suara juga akan berbeda.

Mulai dari Ketukan Dasar
Nah, bagi anda yang merupakan pemula sebaiknya anda belajar drum dari awal dengan baik dan benar. Mulai dari ketukan dalam permainan snare, seperti single stroke, double stroke, triplets, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan ketukan tersebut, anda bisa mengatur permainan drum anda menjadi lebih baik lagi. Lalu, bisa anda lanjutkan dengan cara memadukan ketukan kaki kanan pada bass drum dan kaki kiri pada pedal hi hat, tangan kanan pada hi hat dan tangan kiri pada snare drum. Hitung ketukan hi hat sebanyak 8 kali lalu anda sisipkan ketukan bass drum pada 1 dan 5 dan ketukan snare drum pada hitungan ke 3 dan 7. Hitung berulang ulang dengan hi hat juga.

Nah sekian artikel kali ini. Semoga dengan cara belajar di atas, dapat membantu kalian para pemula dalam belajar bermain drum.

DREAD OUT


Kali ini penulis ingin berbagi artikel mengenai sebuah game yang bisa dikatakan cukup terkenal terutama bagi pencinta game horor di seluruh dunia yaitu DreadOut.

DreadOut bercerita tentang sekelompok pelajar yang terpaksa masuk ke sebuah kampung yang terbengkalai ketika mereka sedang melakukan karyawisata. Anda akan bermain sebagai Linda, seorang siswi SMA yang merupakan salah satu dari kelompok pelajar tersebut. Dalam kampung tersebut, Linda dan kawan-kawan terperangkap dalam sebuah sekolah yang berhantu dan mereka terpisah satu sama yang lain. Linda yang dibekali telepon genggamnya kini harus berusaha mencari teman-temannya dan juga mencari jalan untuk keluar dari tempat terkutuk itu.


ALUR CERITA

Ketika sekelompok murid SMA tersesat dari perjalanan liburan mereka, mereka menemukan sebuah kota tua yang telah ditinggalkan. Mereka segera menyadari sesuatu yang jahat akan terjadi. Linda, protagonis permainan ini, menyadari sesuatu yang aneh dan mistis terjadi pada dirinya. Dia memperoleh kekuatan supernatural yang bisa menyelamatkan dia dan teman-temannya dari ancaman supernatural asing.


REVIEW

DreadOut mungkin salah satu game yang bisa menunjukkan atmosfer mencekam secara baik. Dari awal permainan saja Anda sudah disuguhi lantunan ‘Lengser Wengi’ yang dijamin bisa membuat bulu kuduk berdiri. Untuk orang luar negeri, mungkin lagu tersebut hanyalah sebuah pembuka biasa, namun bagi kita yang merupakan orang Indonesia, lagu tersebut memberikan dampak yang berbeda karena kita mengenalnya bukan? DreadOut nampaknya lebih fokus untuk memberikan pengalaman budaya lokal dan saya rasa hal itu sangatlah tepat mengingat budaya Indonesia memiliki potensi untuk diolah dan menjadikan sebuah karya memiliki nilai eksotis.

Inti dari sebuah suasana yang mengerikan dalam media visual adalah adanya keterbatasan yang membuat kita mengira-ngira ada sesuatu yang tidak diketahui di hadapan kita. Saya rasa DreadOut melakukan kerja yang sangat baik dalam bagian itu. Mulai dari jarak pandang yang pendek serta tingkat pencahayaan yang benar-benar gelap secara tidak langsung membuatmu membayangkan bahwa ada ‘sesuatu’ yang menunggu di balik kegelapan itu. Hal ini pernah digunakan pada beberapa macam game horor seperti Silent Hill dan hasilnya juga sama seramnya.

Tidak hanya itu saja, desain level yang ada dalam DreadOut juga dibuat cukup mencekam lewat penataan objek-objek yang ada. Dalam game ini, Anda terkurung dalam sebuah sekolah, dan biar saya perjelas bahwa gedung sekolah adalah salah satu tempat terbaik untuk dijadikan sebuah setting film atau game horor. Sebagai contoh, DreadOut menggunakan objek kursi dan meja dalam kelas untuk membentuk sebuah formasi meja-kursi yang terlihat menyeramkan. Kemudian, adanya objek-objek mencolok yang seharusnya tidak ada dalam sebuah sekolah, coretan di dinding serta banyak objek rusak yang termakan waktu sangat menambah nuansa seram dalam game ini.

DreadOut nampak jelas menggunakan konten lokal sebagai daya tarik utama. Selain untuk keperluan inti gameplay, ada pula hal-hal lain dari penggunaan materi lokal itu yang membuat kamu malah tersenyum sendiri. Contohnya di bagian poster-poster yang terpampang di dinding yang kebanyakan mengingatkan kita betapa noraknya iklan tempel yang ada di Indonesia. Selain itu ada juga penampakan dari hal-hal yang sering kita lihat di pinggir jalan sebelum masuk ke gedung sekolah seperti stand yang menjual CD lagu bajakan bahkan hingga bunga obitueri yang bertuliskan ‘Turut Berduka Cita (nama backer)’ juga ada. Sebelum Anda ketakutan sepertinya Anda akan tertawa sendiri dulu (dan itu pasti buat orang di sekitar Anda ketakutan).

Salah satu elemen dalam sebuah game horor adalah jumpscare, namun banyak di antara game horor yang ada malah memberikan jumpscare secara ‘murahan’. Contohnya seperti menggunakan efek suara yang keras secara tiba-tiba tapi kita tidak tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi. Dalam DreadOut, hal tersebut tidak akan Anda temukan, melainkan DreadOut memberikan pengalaman jumpscare tersebut secara bertahap namun tetap mengagetkan. Saya tidak bisa memberikan contoh karena itu akan merusak pengalaman bermain, tapi kalau Anda coba sendiri, Anda pasti cukup mengerti apa yang saya maksudkan.

Ada juga satu aspek yang ingin saya ulas yaitu di bidang suara. Karakter dalam DreadOut menggunakan bahasa Inggris dalam percakapannya untuk sementara ini dan nantinya Digital Happiness akan memberikan patch untuk bahasa Indonesia. Tidak ada sesuatu yang istimewa di bagian ini namun begitu saya mendengar efek suara seperti ambience, saya cukup terkejut karena DreadOut juga bisa menghantarkan atmosfer mencekam hanya lewat suara. Saya acungkan jempol buat sound designer-nya karena suara yang dipilih sangatlah tepat dan mampu membuat saya merinding. Suara-suara tersebut bukan suara keras yang tiba-tiba muncul melainkan malah suara-suara samar yang justru bisa membuat Anda berkeringat dingin.

Meskipun memiliki impresi yang cukup baik, DreadOut masih mengalami beberapa masalah di berbagai bagian. Pada teksur objek 3D, masih ada ketidak seimbangan kualitas tekstur. Beberapa objek dalam game memiliki kualitas tekstur yang baik dan kebanyakan memiliki tekstur yang rendah. Selain tekstur, masih juga ada objek yang terkena clipping sehingga kadang terlihat menghilang dari pandangan. Untuk bagian modeling dan rigging dari karakter sendiri juga masih terlihat agak kasar dan begitu dianimasikan, deformasi dari bagian-bagian tubuh terlihat tidak alami.

Untuk gameplay, sebenarnya game ini menganut cara bermain yang sederhana. Anda cukup mengambil foto dari hantu yang Anda temui untuk mengalahkannya dan semua foto yang Anda ambil bisa disimpan dalam galeri. Beberapa hantu memiliki cara tersendiri untuk dikalahkan dan itu menambah variasi dalam permainan. Sayangnya, game ini tidak memiliki in-game tutorial sehingga sebelum Anda memulai permainan ada baiknya membaca terlebih dahulu panduan yang ada. Cara ini cukup konvensional dan mengingatkan saya tentang manual untuk bergerak dalam game Resident Evil tempo dulu.

Satu hal yang cukup membuat saya frustasi memainkan DreadOut adalah tujuan yang tidak jelas. Tujuan dalam game ini diperlihatkan dalam bentuk potongan cerita sehingga saya sendiri sering bingung sebenarnya yang harus saya cari itu apa. Hal seperti ini sebenarnya sudah cukup lumrah di kalangan game pixel horor, namun karena DreadOut adalah sebuah game 3D, maka area yang harus dijelajahi menjadi lebih luas sehingga Anda malah kebingungan lebih dahulu sebelum bisa menemukan jalan keluar.


Nah, sekian artikel kali ini. Saya sendiri belum bisa menamatkan game ini karena ketakutan. kalau kalian bisa menamatkan game ini tanpa berteriak sedikitpun, saya berikan 2 jempol untuk kalian.

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Maka setiap orang perlu melakukan cara yang berbeda dalam merawat wajahnya agar tidak kusam dan apalagi jerawatan. Nah, lalu bagaimana dengan kalian yang sudah terlanjur muncul jerawat? Berikut penulis berikan beberapa alternatif yang bisa kalian coba untuk menghilangkan jerawat/bekas jerawat. Namun sesuaikan dengan kulit wajah kalian, karena tidak tentu seluruh tips ini akan berhasil di kulit wajah semua orang.

1. Masker Alpukat & Madu

Alpukat dan madu adalah salah satu kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. Madu, bahan alami yang dikenal sejak dulu memiliki banyak manfaat untuk kulit karena mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri.

Sementara alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori – pori kulit dan mengurangi peradangan pada kulit.

1. Ambil daging buah alpukat dan masukkan ke dalam wadah
2. Haluskan daging buah alpukat
3. Tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga rata
4. Tambahkan juga perasan lemon (opsional)
5. Aplikasikan masker pada wajah yang berjerawat selama 15 – 20 menit
6. Bilas dengan air hangat

2. Pasta Gigi

Fluoride, triclosan, hidrogen peroksida adalah beberapa bahan aktif dalam pasta gigi yang dapat mencegah iritasi kulit, mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah. Cara menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat juga sangat mudah.

1. Oleskan pasta gigi langsung pada jerawat dan hindari mengoleskan pasta gigi ke seluruh area kulit wajah
2. Biarkan selama kurang lebih 2 jam atau semalaman
3. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan

Sebaiknya hindari penggunaan pasta gigi pada kulit sensitif. Pilih pasta gigi dengan kandungan floride yang lebih rendah. Jika mungkin, gunakan pasta gigi organik.

3. Kulit Jeruk

Vitamin C dan asam alpha hidroksi dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori – pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati.

1. Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering.
2. Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan tadi
3. Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
4. Oleskan pasta pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit

5. Bilas dengan air hangat

4. Putih Telur

utih telur dapat mengecilkan pori – pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab jerawat. Enzim lysozim yang terkandung dalam putih telur dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, putih telur juga terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo yang biasanya bersarang di hidung.

1. Ambil sebutir telur, pisahkan kuning dan putih telur.
2. Kocok putih telur hingga mengembang
3. Oleskan pada wajah hingga mengering

4. Bilas dengan air hangat

5. Lemon

Asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori – pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit dan penghilang noda pada wajah.

1. Siapkan satu buah lemon
2. Tekan sedikit lemon, potong menjadi dua bagian, lalu peras
3. Oleskan pada wajah anda
4. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk
5. Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat


Nah untuk kalian yang tidak ingin jerawatan, berikut tips dari penulis untuk mencegah timbulnya jerawat.

1. Cuci Muka dengan Teratur

Rawatlah kesehatan wajah dengan membersihkan wajah minimal dua kali sehari dengan pembersih wajah dan sehabis dari luar rumah. Pilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dan aman untuk kulit wajah.

Saat ini sudah banyak pembersih yang mengandung bahan alami di pasaran. Rajin membersihkan wajah adalah kunci dalam menjaga kulit dari kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

2. Jangan Sering Memegang Wajah

Jika wajah anda sedang berjerawat, jangan pernah menyentuh wajah dengan tangan kotor apalagi memencetnya. Memencet jerawat dapat memperparah kondisi kulit dan menimbulkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

3. Jangan Gunakan Make Up yang Berlebihan

Jangan terlalu sering menggunakan make up atau riasan berlebihan. Gunakan make up yang sesuai dengan jenis kulit dan hanya pada kondisi tertentu. Jangan lupa untuk membersihkan make up sebelum tidur.

4. Pola Makan yang Sehat & Rajin Berolah Raga

Menu makanan sehat dan seimbang dapat menjaga kesehatan kulit. Konsumsi buah dan sayur diyakini dapat membersihkan wajah dari racun serta mengatasi jerawat dari dalam. Jika anda sering mengalami masalah jerawat ada baiknya hindari makanan berminyak, berlemak, cepat saji dan kafein. Imbangi pula dengan olah raga yangteratur. Rajin berolahraga baik untuk menyeimbangkan hormon dan mengurangi resiko stress yang berdampak pada timbulnya jerawat. Mandi dengan air hangat setelah berolahraga dapat membersihkan tubuh dari keringat dan minyak yang dapat menyebabkan jerawat.

Sekian Postingan dari saya. Terimakasih

Pengenalan Bahasa Pemrograman

Postingan kali ini sekaligus menjadi tugas yang saya dapat di matakuliah Pengantar Sistem. Disini saya akan membahas tentang bahasa pemrograman secara umum sebagai pengenalan saja.


DEFINISI

Bahasa Pemrograman (Programing Language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa Pemgrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipake untuk mendefinisikan program komputer.


TINGKAT PEMROGRAMAN

1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

Bahasa pemrograman tingkat rendah adalah bahasa mesin. Artinya bahasa ini diciptakan agar mesin dapat memahami perintah dari user. Bahasa ini sangat susah untuk dimengerti, maka diciptakan bahasa tingkat tinggi. Contohnya binner, asembly, C(stack), dll.

2. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Walaupun disebut tingkat tinggi, tapi artinya bukan bahasa pemrograman ini sangat suli atau ribet. Justru bahasa pemrograman tingkat tinggi ini yang paling manusiawi. Maksudnya adalah bahasanya bisa dimengerti oleh manusia dan mudah untuk dipelajari.


MODEL PEMROGRAMAN

Pada umumnya, model pemrograman dibagi menjadi dua buah tipe, yaitu Structural dan Object Orientasi, dimana penjelasan dari masing-masing model pemrograman tersebut adalah sebagai berikut.

1. Structural

Model Pemgrograman yang pertama yaitu Structural atau dalam bahasa Indonesianya yaitu terstruktur. Dikatakan terstruktur karena model pemrograman ini berisi suatu aktivitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Inti dari Model Pemrograman Terstruktur yaitu terdapat Function (fungsi) dan  Procedure (Prosedur).
Contohnya Pascal, C, Delphi, dll.

2. Object Oriented

Model Pemrograman yang kedua yaitu Object Oriented atau sering disingkat dengan OOP (Object Oriented Programing). OOP merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Di dalam OOP, seluruh data dan fungsi di dalamnya disatukan dalam kelas-kelas atau objek-objek. Objek-objek inilah nanti yang bisa menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Contohnya Java, Python, PHP, dll.


PERANAN

Terdapat banyak peran atau kegunaan dari bahasa pemrograman ini. Namun setiap bahasa pemrograman memiliki peran yang berbeda-beda. Berikut yang bisa kita gunakan dari bahasa pemrograman.

a. Jaringan Komputer : Socket Programming (C, Java, Python)
b. DataBase : DBC (Java ODBC, Python, dll)
c. Internet of Thing
d. Cloud Computing (Platform as a Service)
e. Intelligent Transportation System
f. Parallel Computing (C)
g. Bio Informatika, E-health, dll


TIPS PEMROGRAMAN

Bagi kalian yang merasa kesulitan memahami suatu bahasa pemrograman (seperti admin), tips berikut ini akan membantu kalian agar dapat mempelajari bahasa pemrograman dengan lebih afisien.

1. Pahami Algoritma

Algortima merupakan urutan langkah-langkah yang logis untuk memecahkan suatu masalah. Hal pertama yang bisa kalian lakukan jika merasa bingung terhadap suatu bahasa pemrograman, kalian bisa mulai dengan memahami algoritmanya. pada umumnya setiap bahasa pemrograman memiliki perbedaan pada syntax, namun jika kalian bisa memahami algoritmanya, 'aka kalian akan paham maksud dari program tersebut.

2. Kuasai Syntax

Setelah kalian memahami algoritma, tahap selanjutnya adalah menguasai syntax. Menguasai syntax akan membantu kalian mengerjakan suatu program yang kalian inginkan agar lebih mudah dan cepat.

3. Pahami Model Pemrograman

Sebelum kalian membuat suatu program, pahami dulu model pemrograman yang kalian gunakan. Apakah structural atau object oriented.

4. Berlatih

5. Studi dengan Kasus Sehari-Hari

6. Aktif dalam Pengembangan (projek, open source, github, dll)


SECURITY

Ketika membuat suatu program, pastikan kalian memikirkan keamanan dari program yang kalian kerjakan. Minimalisir kesalahan pada algoritma agar tidak terjadi kerusakan pada sistemnya. Lalu perhatikan  juga buffer overflow. Buffer Overflow adalah celah yang terdapat pada program atau sistem yang dapat disusupi oleh hacker.

Rabu, 23 November 2016

WEREWOLF GAME (Aturan)

Setelah sebelumnya admin telah memposting tentang tokoh-tokoh yang ada di werewolf game ini, sekarang admin akan menjelaskan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pemain agar permainan menjadi lebih seru. Sebenarnya seluruh peraturan berada di tangan moderator, namun admin hanya memberikan referensi sesuai dengan pengalaman admin bermain permainan ini.

1. DILARANG MEMBUKA MATA PADA SESI MALAM

Ini merupakan peraturan yang paling penting. Seluruh pemain (selain moderator) dilarang membuka mata saat malam hari. Kecuali untuk para tokoh khusus yang diperintahkan oleh moderator untuk membuka mata, ya memang harus buka mata. Tapi selain pemain yang disuruh, sangat dilarang untuk mengintip (kecuali tokoh little boy/girl yang harus mengintip werewolf). Memang kita akan merasa sangat penasaran ingin tahu siapa saja yang mendapat peran di game ini, tapi permainan tidak akan seru ketika satu orang saja berbuat curang.

2. MODERATOR SELALU BENAR

Tidak bisa dipungkiri bahwa moderator memiliki peran yang sangat penting dalam permainan ini karena ialah yang mengatur jalannya permainan. Seorang moderator harus sangat menguasai peraturan dan langkah-langkah permainan. Moderator memiliki hak untuk menerapkan peraturan-peraturan khusus di dalam permainan. Pemain lain tidak boleh memaksakan kehendak dan memerintah moderator, namun hanya boleh sebatas memberikan intruksi kepada moderator.

3. DILARANG MEMBUKA KARTU

Peraturan lainnya yang sama sekali tidak boleh dilanggar adalah dilarang membuka kartu. Inti dari permainan ini adalah bisa menemukan werewolf yang menyamar sebagai warga desa. Jadi pemain harus bisa menemukannya melalui gerak-gerik dan cara bicaranya. Jika ada kartu yang terbuka baik sengaja maupun tidak sengaja, maka pemilik kartu terkena diskualifikasi.

4. BICARA APA SAJA ASAL NO SARA

Dalam permainan ini, pemain bebas untuk menyampaikan argumennya. Bahkan ia juga bisa mengaku sebagai tokoh lain untuk menyembunyikan identitas aslinya selama tidak membuka kartu seperti aturan nomor 3. Namun hal yang paling penting dari kebebasan berbicara adalah dilarang menyinggung perasaan orang lain secara pribadi (personal) terutama yang berbau SARA (Suku, Adat, Ras, Agama). Permainan ini hanya untuk hiburan saja, sangat tidak mengenakkan jika hanya karena sebuah permainan malah memicu perpecahan.

5. DILARANG MEMBOCORKAN PERAN TOKOH

Poin ini sama seperti poin ketiga. Jika misalkan saat kalian bermain, disekeliling kalian ada penonton, harap beritahu mereka agar tidak membocorkan tokoh yang didapat dari masing-masing pemain. Begitu pula untuk pemain yang telah dikeluarkan dari permainan harus membantu menjaga agar permainan tetap berjalan dengan lancar dan tidak membocorkan tokoh-tokohnya.

6. PERBANDINGAN JUMLAH PEMAIN

Menentukan tokoh yang digunakan adalah tugas moderator. Tokoh yang wajib ada sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Minimal jumlah pemain agar permainan dapat berjalan lancar yaitu 8 orang termasuk moderator dengan perbandingan Seer:Guardian:Villager:Werewolf = 1:1:3:2. Aturlah agar jumlah werewolf tidak terlalu banyak (menurut admin paling ideal 2 atau 3). Dan untuk tokoh lain bisa disesuaikan oleh moderator.

Kurang lebih aturan dasar dari permainan werewolf adalah seperti itu. Jika ada yang kurang, bisa ditambah di kolom komentar. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menonton video-video permainan werewolf ini di Youtube, karena akan lebih mudah mengerti dari menonton video tersebut ketimbang kalian membacanya. Terimakasih

Senin, 21 November 2016

WEREWOLF GAME (Tokoh)

Halo semua. Kali ini saya akan berbagi sebuah game psikologi yang mungkin cukup terkenal di kalangan anak muda. Werewolf Game merupakan sebuah permainan yang berfokus pada kemampuan akting dan bernegosiasi. Nah dalam postingan ini saya akan sharing mengenai tokoh-tokoh yang ada di dalam game ini dan langkah-langkah bermainnya.

TOKOH-TOKOH DASAR WEREWOLF GAME

1. God/Tuhan/Moderator

Karakter ini adalah yang memimpin permainan. Dialah yang memiliki kewajiban mengatur jalannya permainan dari awal hingga akhir. Moderator memiliki kendali penuh atas permainan, jadi dia bebas menggiring permainan ke arah mana agar permainan menjadi lebih seru. Biasanya orang dipilih menjadi moderator merupakan orang yang sudah menguasai permainan dan peraturan-peraturan di dalamnya ataupun dipilih secara acak.

2. Villager

Seperti namanya, villager memiliki arti yaitu seorang warga desa. Villager merupakan warga desa biasa yang tidak memiliki kemampuan lebih apapun. Peran dari villager hanyalah sebatas mengajukan pendapat dan voting. Villager dalam permainan ini merupakan tokoh baik dan bisa terdapat lebih dari 1 orang.

3. Seer

Seer atau dalam bahasa Indonesia disebut Cenayang, merupakan villager yang memiliki kemampuan menerawang hanya 1 orang pada setiap sesi malam hari untuk menemukan werewolf. Seer merupakan tokoh baik dan hanya terdapat 1 tokoh dalam satu permainan.

4. Guardian

Guardian merupakan villager yang memiliki tugas tambahan yaitu melindungi warga desa. Sama seperti seer, guardian hanya bisa melindungi 1 orang setiap sesi malam dan hanya terdapat 1 tokoh guardian dalam sebuah permainan.

5. Werewolf

Werewolf merupakan tokoh jahat di permainan ini. Diceritakan bahwa werewolf akan berbaur dan menyamar sebagai warga desa pada siang hari, dan akan berubah menjadi werewolf pada malam hari. Ketika berubah menjadi werewolf pada malam hari, tokoh ini harus memilih 1 orang yang akan dibunuh (dikeluarkan) dalam permainan ini.

TOKOH-TOKOH TAMBAHAN WEREWOLF GAME

1. Lycan/Lonewolf

Diceritakan bahwa ada seseorang yang tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki darah werewolf. Pada awal permainan, tokoh ini merupakan warga desa biasa (tokoh baik), namun ketika seer menerawangnya, maka yang terlihat adalah ia seorang werewolf. Ketika werewolf memilih lycan saat sesi malam hari, maka lycan akan berubah menjadi werewolf.

2. Little Boy/Girl

Diceritakan di sebuah desa, setelah mendengar kabar bahwa di desa mereka terdapat werewolf, ada seorang anak yang tidak bisa tidur dengan nyenyak karena rasa penasaran sekaligus ketakukan akan kehadiran werewolf. Ketika malam hari, tokoh ini memiliki hak untuk mengintip siapa werewolfnya, namun dengan konsekuensi bisa diketahui oleh werewolf dan bisa langsung dibunuh olehnya.

3. King

King merupakan tokoh tambahan yang memiliki tugas menjadi pengeksekusi terakhir. Semua keputusan vote akan disahkan oleh tokoh ini. Sistemnya ketika siang hari telah dilaksanakan vote, maka eksekusi akan ditunda sampai sesi siang berikutnya. Moderator akan bertanya kepada king apakah vote tersebut disetujui atau tidak dan king akan memberikan jawaban berupa kode
yang telah disepakati sebelumnya. Tokoh king ini tidak boleh diketahui oleh siapapun.

4. Hunter

Diceritakan bahwa ada seorang warga desa yang berprofesi sebagai seorang pemburu. Sehari-hari pekerjaannya ada berburu hewan-hewan di hutan. Suatu ketika ia dituduh oleh sebagian warga desa bahwa ia adalah werewolf, dan akhirnya warga desa sepakat untuk mengeksekusinya. Karena tidak terima dengan hasil tersebut, si Hunter pun mengambil senapannya dan membunuh 1 orang lainnya. Tokoh ini cocok dimainkan ketika jumlah pemainnya banyak, karena ketika ia kena vote, maka akan keluar 2 orang (si Hunter dan yang dipilih oleh hunter untuk ikut keluar dari permainan).

5. Gunner

Tokoh ini hampi mirip dengan tokoh Hunter. Jika hunter hanya akan membunuh ketika ia kena vote, Gunner ini berbeda. Diceritakan bahwa ada seorang pendatang yang memiliki hobi yaitu menembak dari kejauhan (Sniper). Namun ia hanya memiliki 2 peluru, setiap peluru harus digunakan untuk membunuh 1 orang pada malam pertama dan malam kedua. Sistem permainnya adalah pada malam pertama, Gunner harus memilih 1 orang untuk dibunuh, lalu pada siang harinya akan diumumkan bahwa ada warga desa yang mati ditembak oleh gunner dan identitas gunner harus disebutkan siapa orangnya. Namun gunner hanya punya 2 peluru untuk menembak yang artinya kemampuannya sebagai gunner hanya untuk 2 malam saja, setelah itu ia berubah menjadi villager. Sama seperti hunter, tokoh ini cocok digunakan pada permainan dengan jumlah pemain yang banyak.

6. Bomb man

Diceritakan ada seorang warga desa yang berprofesi sebagai penggali tambang dan memiliki bakat untuk membuat sebuah bom. Suatu ketika ia dituduh menjadi seorang werewolf, lalu sebelum dieksekusi, ia pun meledakkan dirinya dan 2 orang di sekitarnya ikut mati terkena ledakan tersebut. Tokoh ini akan aktif sama seperti tokoh hunter yaitu pada saat ia terkena vote. Perbedaannya dengan hunter adalah, jika hunter keluar dari permainan karena kena vote bisa mengeluarkan 1 pemain secara bebas, sedangkan bomb man jika keluar dari permainan karena vote otomatis 2 pemain di sebelah kanan dan kirinya akan ikut keluar dari permainan.


Masih banyak tokoh-tokoh tambahan lainnya yang bisa kalian ciptakan sendiri, namun yang terpenting tidak boleh terlepas dari pokok permainan dan peraturannya. Untuk Kartu Werewolf Game bisa kalian lihat di toko-toko online, atau kalian bisa mencetaknya sendiri, atau bisa menggunakan potongan kertas yang ditulisi nama tokohnya kemudian digulung. Nah untuk langkah-langkah bermain dan aturan-aturannya akan saya bahas pada postingan berikutnya. Terimakasih